Dik B 2011

another friend another story

KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM DAN PENGEMBANGANNYA


KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM DAN PENGEMBANGANNYA
A.      Tujuan (aims, goals, objectives)
                Tujuan pendidikan memiliki klasifikasi, dari mulai tujuan yang sangat umum sampai tujuan khusus yang bersifat spesifik dan dapat diukur, yang kemudian dinamakan kompetensi. Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi empat, yaitu:
1.       Tujuan Pendidikan Nasional
2.       Tujuan Institusional
3.       Tujuan Kurikuler
4.       Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran

B.      Isi/bahan (learning experiences)
                Secara umum, isi kurikulum itu dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu:
Logika
Etika
Estetika
                Berdasarkan pengelompokkan isi kurikulum tersebut, maka pengembangan isi kurikulum harus disusun berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
Mengandung bahan kajian atau topik-topik yang dapat dipelajari peserta didik dalam proses pembelajaran.
Berorientasi pada standar kompetensi lulusan, standar kompetensi mata pelajaran, dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
a.       Aspek-aspek yang ada dalam isi kurikulum, yaitu:
1.       Teori
2.       Konsep
3.       Generalisasi
4.       Prinsip
5.       Prosedur
6.       Fakta
7.       Istilah
8.       Contoh atau ilustrasi
9.       Definisi
10.   Preposisi

b.      Beberapa jenis struktur kurikulum, yaitu:
1.       Pendidikan umum (general education)
2.       Pendidikan akademik (academic education)
3.       Pendidikan kecakapan hidup (life skill education)
4.       Pendidikan  kejuruan (vocational education)

C.      Strategi dan pendekatan (methods)
Menurut Rowntree (1974), strategi pembelajaran dibagi menjadi tiga bagian:
1.       Strategi Exposition
2.       Strategi Discovery Learning
3.       Strategi Groups dan Individual Learning
a.       Evaluasi (evaluation)
        Evaluasi sebagai alat untuk melihat keberhasilan pencapaian tujuan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu :
1.       Tes
2.       Nontes


Kesimpulan
        Komponen-komponen kurikulum dan pengembangan kurikulum meliputi tujuan pengembangan kurikulum, isi atau bahan pengembangan kurikulum, strategi dan pendekatan pengembangan kurikulum, serta evaluasi dari pengembangan kurikulum yang mana satu sama lain saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.


Daftar Pustaka
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran ( Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.



0 komentar:

Poskan Komentar